Oleh: pejuangpos | Juni 26, 2012

FAKTA INTEGRITAS ( BUKAN PAKTA INTEGRITAS )


Pakta Integritas (Bahasa Inggris: Integrity Pact) adalah surat pernyataan yang berisi ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme dalam Pengadaan Barang/Jasa.[1]   SUMBER : http://www.wikiapbn.org/artikel/Pakta_Integritas

Heeeee ternyata pakai P bukan F seperti yang dibuat oleh ketua umum SPPI.

Teman-temanku seperjuangan di SPPI,

Mengapa harus ikut ikut buat pakta intergritas  ( bukan fakta intergritas )segala sih? emangnya pejuangan SPPI mau ikut tender pengadaan barang? coba kita lihat bersama pengertian Pakta Integritas  seperti tulisan yang ada di Blog http://agustiyadi.blogspot.com/2007/10/manfaat-penerapan-pakta-integritas.”

Akhir-akhir ini kata Pakta Integritas (PI) tiba-tiba menjadi begitu terkenal, semuanya tiba-tiba mengenal kata pakta integritas. Dua suku kata yang bermakna sebagai kontrak moral itu tiba-tiba berubah wujud menjadi sebuah ikon. Banyak alasan mengapa pakta integritas disodorkan. Mungkin sama banyaknya dengan pertanyaan mengapa pakta integritas yang dipilih, bukankah semua fungsi dan jabatan itu sudah ada aturan mainnya? Sudah diatur secara jelas rangkaian sanksi bagi pelanggarnya.

Pengertian dan Asal Usul Pakta Integritas
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Pakta Integritas? Merujuk pada BPP tersebut di atas, Pakta Integritas adalah Surat Pernyataan yang ditandatangani secara bersama oleh pengguna barang/jasa/panitia pengadaan/pejabat pengadaan/penyedia barang/jasa yang berisi ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa. Elemen dan karakteristik dari Pakta Integritas adalah adanya proses pengambilan keputusan yang dibuat secara sederhana dan transparan.

Pakta Integritas merupakan sistem ekstra yudicial (diluar hukum) namun masih dalam kerangka hukum yang berlaku, baik peraturan pemerintah maupun UU anti korupsi. Pakta Integritas diberlakukan untuk mencegah terjadinya korupsi di jajaran pemerintahan maupun perusahaan.

Pakta Integritas merupakan salah satu alat (tools) yang dikembangkan Transparency International (TI) pada tahun 90-an. Tujuannya adalah untuk menyediakan sarana bagi Pemerintah, Perusahaan swasta dan masyarakat umum dalam mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme, terutama dalam kontrak-kontrak pemerintah (public contracting). Pakta Integritas pada hakekatnya adalah merupakan janji untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku. Filosofi dasarnya adalah membuat transaksi bisnis di antara peserta lelang / kontraktor menjadi lebih fair.

Setelah tahu pengertian pakta integritas lantas bisa membantu apa pakta integritas yang dibuat oleh ketua umum SPPI jika kenyataannya pada tanggal18 Januari 2012 beberapa saat setelah pakta integritas ditandatangani  Dewan Pengurus Pusat SPPI sudah merekomendasi  Ketum SPPI sebagai KOMISARIS di PT POS LOGISTIK?

Pakta Integritas seolah berubah menjadi “FAKTA” bahwa sebenarnya Ketum SPPI itu manusia biasa yang tidak lepas dari salah, khilaf dan sifat sifat manusiawi lainnya.

Mari…… Bro Jaya Santoso kita bangkit lagi……

Jangan takut…salah sebab salah adalah hal yang paling manusiawi, salah adalah tanda bahwa Bro Jaya sudah “BERGERAK” takutlah jika Bro Jaya tidak berbuat salah…sebab orang yang tidak pernah berbuat salah mungkin saja dia DIAM.

About these ads

Responses

  1. Istigfar taubat bro Jaya, semoga Allah mengampuni…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: