Oleh: pejuangpos | Januari 3, 2008

Islah Akal-akalan


Islah Akal-Akalan Oct 30, ’07 3:13 AM
for everyone

 

Istilah islah di dalam Al-Quran berarti untuk meningkatkan diri kita kearah kepribadian orang lain, keluarga, atau bahkan masyarakat. Dalam surat Al-Baqarah (2:182), istilah islah digunakan untuk menguraikan suatu situasi bahwa beberapa manusia menganjurkan yang lain agar bersikap bijaksana dalam rangka memelihara warisan.

Seseorang yang meninggal dan meninggalkan surat wasiat, yang berlawanan terhadap system warisan. Surat ini memberi keuntungan untuk beberapa ahli waris dan juga kerugian untuk yang lain. Dalam hal ini, islah harus dilaksanakan dalam rangka mencapai keputusan yang bijaksana untuk semua ahli waris menurut syariat.


Dalam
surat Al-Maidah (5:39), kata islah digunakan untuk menguraikan hukum hudud. Hudud adalah suatu hukum untuk para pencuri yang memerlukan hukum itu untuk memperbaiki kehidupan mereka melalui rasa penyesalan, bertobat dan mengembalikan barang-barang orang lain.

Ayat ini juga bisa diadopsi untuk suatu kasus nasional yang mempunyai pemerintahan tidak jujur (corrupt). Islah dalam hal ini bisa dilakukan dengan pejabat senior terdahulu dengan mengembalikan kekayaan mereka kepada pemerintah.

Untuk skala di PT Pos Indonesia istilah islah yang diharapkan oleh rekan rekan pelapor kasus korupsi adalah PT Pos Indonesia menghukum oknum-oknum yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Ini harus muncul dari komitmen Direksi PT Pos Indonesia.

Jika beberapa bulan lalu kita mendengar kabar bahwa telah ada ISLAH antara Direksi PT Pos dengan pihak pelapor, itu semata-mata hanya satu proses saja. Pihak pelapor diminta oleh Direksi agar mengurangi tekanan melalui media agar kasus korupsi ini tidak semakin membesar, sementara pihak pelapor diberi tawaran kenaikan tingkat jabatan tetapi harus bersedia dipindahkan dari Jakarta, alasannya karena tingkat jabatan yang ditawarkan itu adanya di luar jakarta.

Tentu saja tawaran itu tidak dipenuhi pihak pelapor, apalagi selama masa islah pihak Wilpos IV Jakarta terus menerus melakukan pemeriksaan atas diri pihak Pelapor. Tidak kurang dua orang pelapor sudah dipanggil oleh TIM pemeriksa yang dibentuk KaWilpos IV Jakarta.

Apakah tindakan Wilpos IV Jakarta itu berkoordinasi dengan Direksi yang sedang melakukan upaya islah ?

Perkembangan terkahir yang beredar pimpinan tertinggi di PT Pos Indonesia tetalh menetapkan bahwa para kepala kantor Pos di Jakarta yang sedang dipersoalkan oleh pihak pelapor melakukan tindak pidana Korupsi, tidak salah dan harus dibantu sehingga dengan upaya apapun harus dilakukan untuk membantu mereka.

Keputusan tertinggi ini tentunya akan membawa PT Pos ke perjalanan panjang yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan. Upaya yang melelahkan dan membutuhan biaya yang tidak kecil.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: